Selasa, 20 Januari 2009

Kandungan Senyawa Kimia Sargassum

Algae Sargassum mudah diperoleh di perairan Indonesia, kandungan bahan kimia utama sebaga sumber alginat dan mengandung protein, vitamin C, tannin, iodine, phenol sebagai obat gondok, anti bakteri dan tumor (TRONO & GANZON1988), sebagai berikut :
* Algin

Algin merupakan asam alginik, Alginik dalam bentuk derivat garam dinamakan garam alginat terdiri dari sodium alginat, potasium alginat dan amonium alginat. Garam alginat tidak larut dalam air, tetapi larut dalam larutan alkali. Asam alginik tersusun dari asam D-Manuronik dan asam L – Guluronik .

*Manfaat

Kandungan koloid alginat dari algae Sargassum dalam industri kosmetik digunakan sebagai bahan pembuat sabun, pomade, cream bodylotion, sampo dan cat rambut. Di industri farmasi sebagai bahan pembuat kapsul obat, tablet, salep, emulsifier, suspensi dan stabilizer. Di bidang pertanian sebagai bahan campuran insektisida dan pelindung kayu. Di industri makanan sebagai bahan pembuat saus dan campuran mentega. Manfaat lainnya dalam industri fotografi, kertas, tekstil dan keramik. Di bidang kesehatan iodine digunakan sebagai obat pencegah penyakit gondok.
Referensi :Kadi, Achmad .BEBERAPA CATATAN KEHADIRAN MARGA SARGASSUM
DI PERAIRAN INDONESIA.Jakarta: Bidang Sumberdaya Laut, Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI,

Tidak ada komentar: